Saat pihak Telkom-Sel meluncurkan sebuah produk dan layanan baru yaitu Perdananya Telkom-Sel Flash Unlimited beserta pilian paketnya, yang menawarkan fasilitas berbeda dengan provider lainnya sehingga para penikmat jasa internet mulai menantikan kehadiran produk itu ( termasuk saya ). Singkat cerita, saya telah mendapatkan perdana Telkom-Sel Flash Unlimited di Universitas Guna Darma dan kebetulan pada saat itu pihak Telkom-Sel sedang mengadakan Promosi, bertepatan dengan jadwal Wrangler Tour Keliling Kampus 2011 Yang di Selenggarakan oleh Sinjitos Record ( tempat saya bekerja dulu ). Saya mendapatkan Perdana Telkom-Sel Flash itu dengan harga Rp 60.000,- sudah termasuk pulsa didalamnya sebesar Rp 55.000,- dengan memilih paket T-sel Flas Unlimited 500MB Rp 50.000,-/bln kecepatan Up To 318Kbps setelah Quota habis, kecepatan akan diturunkan Up To 64Kbps dan akan mendapatkan bonus Rp 10.000,- setelah satu minggu dari tanggal pembelian. Beberapa bulan saya menikmati layanan yang di berikan oleh pihat T-sel Flash, namun bulan berikutnya T-sel Flash Unlimited mulai terserang gangguan, bahkan kecepatan yang saya dapatkan setelah Quota habis tidak mencapai 64Kbps lagi melainkan 15Kbps. Seiring waktu berjalan, ganguan demi gangguan mulai menerja T-sel Flash Unlimited hingga para pelanggan membuat artikel-artikel tentang ketidak nyamanan menggunakan layanan T-sel Fash Unlimited, bahkan solusi dari Call Center pun tidak ada gunanya, karena mereka hanya mengikuti prosedur yang ada tidak melihat kondisi yang terjadi. Tidak sedikit pelanggan yang kesal dengan pelayanan Call Center, yang bicaranya hanya bisa menganggap enteng permasalahan. Dan berikut ini beberapa artikel yang menunjukan ketidak puasan para pelanggan, yang saya kutip dari beberapa web/blog.
SABTU, 10 SEPTEMBER 2011 | 19:50 WIB
Saya adalah pemakai kartu perdana Telkomsel Flash dengan nomor: 081280824*** sejak bulan Mei 2011. Selama menggunakan kartu ini untuk kebutuhan internet pribadi, tidak pernah mengalami gangguan berarti, hingga pada 28 Agustus 2011, disaat mengaktifkan paket flash prepaid unlimited vol.300 mb, paket ini tidak dapat diaktifkan.
Berhubung kejadian ini terjadi disaat hari libur lebaran, maka saya hanya bisa mengadukan permasalahan ini ke call center telkomsel 116, namun oleh petugas menyuruh saya untuk menunggu 1x24 jam. Hingga pada Senin (5/9/11), paket internet yang saya inginkan tidak bisa teraktivasi, maka saya putuskan untuk mendatangi GERAI HALO Kota Palopo untuk mendapatkan solusi.
Setelah diterima oleh petugas Gerai Halo, dia menyebutkan jika keluhan saya akan dilaporkan ke Telkomsel Pusat, untuk itu saya diminta untuk menunggu 3 x 24 jam. Setelah menunggu selama tiga hari, pada Kamis (8/9/11) saya kembali mendatangi Gerai Halo Palopo untuk meminta kejelasan terkait masalah yang dialami kartu saya yang hingga saat itu belum juga bisa diaktifkan paket internetnya.
Oleh petugas, menyampaikan jika keluhan saya ini sudah didapatkan solusinya, dan terkait paket dimaksud akan diaktifkan secara langsung melalui system Call Center Telkomsel, dan saya diminta mengaktifkan kartu saya pada hari itu untuk menunggu respon dari Call Center. Dan benar saja, pada pukul 15.00 Wita, masuk pesan singkat dari Call Center Telkomsel yang isinya menyebutkan jika pengatifan paket internet sementara di proses, namun hingga esok harinya, paket tersebut tidak kunjung diaktivasi.
Pada Jumat (9/9/11) saya mencoba menghubungi Calla Center klembali dan meminta penjelasan, dan disebutkan jika masih terjadi masalah dan saya kembali diminta menunggu 1x24 jam. Sabtu (10/9/11) setelah mencoba mengaktifkan paket itu, ternyata belum bisa juga. Saya kembali mendatangi Gerai Halo Palopo untuk meminta penjelasan langsung petugas. Dan lagi-lagi, saya diminta menunggu 7x24 jam.
Sampai disini, saya mulai merasa kesal, sebab setiap kali saya mengadukan permasalahan saya, oleh petugas (Baik petugas Call Center 116, maupun petugas di Gerai Halo Palopo) hanya meminta saya menunggu dan menunggu. Padahal, kartu perdana flash ini saya beli untuk memenuhi kebutuhan internet saya, karena daerah tempat tinggal saya sangat minim tempat yang menyediakan fasilitas internet, tetapi jika tidak bisa digunakan, apa gunanya.
Judul: Telkomsel Flash Selalu Gangguan Jaringan
Berita: Setiap kali telpon ke costumer service menanyakan masalah lambatnya koneksi, dengan bangga cs nya selalu menjawab:
\"mohon maaf pak, mulai per hari ini flash resmi mengalami gangguan jaringan\"
telpon lagi 3 hari kemudian karena masalahnya gak selesai selesai dan jawabannya:
\"mohon maaf pak, mulai per hari ini flash resmi mengalami gangguan jaringan\"
kesimpulan:
setiap permasalahan lambatnya koneksi resmi dikarenakan gangguan jaringan dihari tersebut
pertanyaan:
sebenarnya cs telkomsel itu manusia atau robot ya ?
apa jangan jangan gak lulus sekolah dasar ?
kegunaan cs buat apa ya, kalau tidak bisa memberikan solusi yang kongkrit ?
Sumer Artikel
April 30th, 2011 | Author: kupihitam
Berikut ini hanyalah pengalaman burukku menggunakan telkomsel flash, mudah-mudahan pengalaman buruk ini tidak menimpa teman-teman semua. Cerita ini bermula pada tanggal 26 April 2011, saya menelepon seorang teman di Lhokseumawe meminta tolong untuk dibelikan kartu perdana telkomsel flash di graphari telkomsel Lhokseumawe, alasannya pada saat itu saya sedang berada di kota Idi dan sudah mencoba mencari-cari kartu perdana telkomsel flash di sana tapi enggak ada yang jual. Nah pada malam harinya saya sudah berada di Lhokseumawe dan menumpang menginap di rumah teman yang membelikan kartu perdana telkomsel flash tersebut, saya tanya berapa harganya, diapun menjawab 60 ribu rupiah. Karena sudah enggak sabar mau mencoba koneksi internet telkomsel flash dengan modem Huawei E 180 yang baru dibeli, saya pun membuka paket perdana kartu telkomsel flash tersebut, setelah mensetting APN dan lainnya saya pun mengirim sms melalui laptop ke nomor 3636 dengan isi sms ” UL ON 50 ” sms ini terkirim tanggal 27/04/2011 00:45:31, tujuannya adalah guna mengaktifkan paket perdana telkomsel flashnya. Tidak lama kemudian saya menerima sms dari 3636 “Anda akan mengaktifkan paket unlimited Anda Rp 50000/30hr (speed up to 384 kbps). Ketik UL<spasi>YA kirim ke 3636” sms ini saya terima tanggal 27/04/2011 00:45:24, saya tidak tahu apakah ada perbedaan antara waktu di laptop saya dan server telkomsel. Lalu saya kirim sms “UL YA” sms ini saya kirim 2 kali pada tanggal 27/04/2011 00:46:27 dan 27/04/2011 00:47:26, dan untuk ke dua sms tersebut saya menerima jawaban “N/A” pada tanggal 27/04/2011 00:46:20, anehnya waktu server telkomsel tidak sesuai lagi.
Sampai disini saya langsung melakukan koneksi internet, anggapan saya bahwa paket telkomsel flash saya sudah diaktifkan, hal buruk baru terjadi ketika saya tidak bisa lagi membuka website dan lainnya pada tanggal 27/04/2011 23:37:24, karena penasaran saya pun menelepon 116 untuk menanyakan kenapa saya tidak bisa membuka web dan lainnya padahal koneksi internet jalan, alangkah terkejutnya saya ketika tahu bahwa katanya paket telkomsel flash saya belum diaktifkan dan pulsa saya hanya tinggal 44 rupiah. Dan dengan entengnya si operator bilang silahkan isi pulsa untuk bisa mengaktifkan telkomsel flashnya. Dengan nada marah saya pun bilang “telkomsel sudah melakukan penipuan dan saya pun membuang kartu perdana telkomsel flash ke tong sampah sambil menutup telepon”, emosi pastinya ……………
Kesimpulan yang saya dapat adalah bahwa pada saat saya mengaktifkan telkomsel flash ada gangguan pada server telkomsel sehingga telkomsel flash saya tidak diaktifkan, saya pribadi merasa tidak terlalu bodoh sehingga tidak bisa untuk hanya membaca manual di paket perdana telkomsel flash dan mengirim sms, hal ini terbukti karena saya bisa membuat blog ini, bener kan teman-teman …….
Sumber Artikel
4-Agustus 2011
Kkira-kira pukul 10 WIB tadi, saya mengisi pulsa telkomselflash sebesar Rp.10.000,-. Sebelum mengisi saya chek pulsa terlebih dahulu, sisanya Rp.78,-. Setelah terisi, saya membuka internet, lamanya sekitar lima menit, hanya buka FB. Tiba-tiba tidak ada koneksi, saya masih menduga mungkin ada gangguan jaringan. Namun, rasa penasaran saya muncul dengan mencheck pulsa, eh ternyata pulsa berkurang menjadi Rp.28, . Penasaran saya ini bertambah sebab beberapkali saya pakai modem dengan kartu telkomselflash (padahal baru isi pulsa), tak lama kemudian malah koneksinya ngak ada. Bagaimana pemakaian telkomselflash, berapa tarif permenit, apakah lima menit hanya dengan FB, bisa termakan pulsa Rp.10.000? Kalau begini, mending saya pindah ke yg laen, kapok deh!-Pakai Telkomselflash Bagaikan Drakula, pulsa dihisap terus-.Kalau ada Kompasioner yang kebetulan bekerja di telkomsel atau pernah mengalami pengalaman buruk menggunakan telkomselflash tolong saya dibantu.
Sumber Artikel
Setelah sekian lama menggawangi beberapa account IM2 Broom unlimited, bulan ini saya berkesempatan untuk mengaktivasi dan registrasi Telkomsel Flash.
Pertama Registrasi dan Aktivasi berjalan dengan lancar dan normal, walau awalnya tetep kaget karena quota yg super pelit dan kecil, dengan paket 50K hanya dapat quota 200MB itu sama dengan film kualitas MKV doang. Masalah muncul ketika refill kedua kalinya, karena info dari Starter Packnya bila daftar yg unlimited maka berikutnya tinggal isi ulang dan Paket Unlimited akan otomatis diperpanjang dengan memotong pulsa yg sudah diisi. Nah setelah isi ulang (posisi kartu ada didalam modem) kok tidak bisa dipake buat internetan, dipake buat registrasi ulangpun tidak berhasil karena selalu ada pesan saldo tidak cukup, Isi ulang tanggal 16 Januari 2011 dan ketika akan dipakai 17 Januari 2011 sudah tidak bisa lagi.
Karena merasa ada keanehan, pertama di komplen ke Gerai Telkomsel Jogja dan diterima oleh seorang CS dan menginfokan emang ada pulsa yg delay dan dijanjikan 3 hari akan direfund, cuma 4 hari berlalu masih tidak terisi dan sayapun balik lagi ke Gerai Telkomsel, sang mbak2 CS memberikan jawaban yg berbeda dengan Mas2 CS pertama. Sang Mbak menerangkan bahwa pulsa sudah abis terpakai untuk akses internet dengan status GPRS bukan Unlimited, walah pantes saja cepet ludes. Ketika diprotes kenapa itu bisa terjadi, alasan sang CS adalah :
Setelah Isi ulang tidak dilakukan pengecekan pulsa, disarankan untuk melakukan pengecekan pulsa ketika selesai Isi Ulang dengan cara kartu Flashnya dipindahkan ke Ponsel terlebih dahulu ( ini aneh menurut saya, karena bila tiap isi ulang harus pindah2 kartu dari Modem ke Ponsel adalah tindakan yg sia-sia dan lama-lama akan merusak SimCardnya ).
Isi Ulang harus dilakukan maksimal 1 Hari sebelum masa berlaku Telkomsel Flash Unlimited berakhir.
Bila Isi ulang sudah melewati masa berlaku ( masa aktif ) Telkomsel Flash Unlimited berakhir maka harus dilakukan Registrasi Ulang Paket unlimitednya, karena bila tidak maka akan menjadi paket GPRS Biaya yg super Muahhal.
Padalah alasan-alasan itu tidak tercantum di Panduan yg ada di Starter Pack, eh si Mbak Cs nya malah nyalahin pihak penjual pulsa M-Kios yg tidak menyampaikan informasi dengan benar, lha pikirku bagaimana mereka bisa menyampaikan informasi dengan benar bila Telkomsel sendiri tidak memberikan Panduan dengan benar, tuduhan yg aneh.
Sumber Artikel
Nah, demikian sobat keluhan dari beberapa pelanggan T-sel Unlimited ( termasuk saya ) yang merasa di rugikan dengan ketidak nyamanan layanan yang di berikan oleh pihak T-sel.